Wednesday, December 04, 2013

Ketidakberesan Buku Matematika kelas VII Kurikulum 2013*

Kurikulum 2013 merupakan produk instan dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan di republik ini. Pengubahan kurikulum dipandang sebagai solusi tunggal. Faktanya tidaklah demikian, pemerintah terlihat gegabah dalam menggolkan kebijakan penggantian kurikulum ini. Padahal instrumen penting guru belum dilatih secara optimal. Akibatnya perubahan kurikulum yang memakan anggaran yang besar sekali berujung pada kesia-siaan. Lihat saya pada buku paket kurikulum 2013 yang berisikan materi ajar untuk murid-murid sekolah. Misalkan pada disiplin mata pelajaran matematika, setidaknya terdapat kekurangan fundamental. Pertama, proses berfikir deduktif dalam matematika dikesampingkan. Kedua, ambiguitas dalam contoh soal. Ketiga, irasional secara logika. Banyak sekali  contoh soal yang tidak berpijak pada realita sosial. Hal ini membuat matematika semakin terasing dengan kehidupan nyata. Terlihat sekali bahwa yang membuat materi ajar matematika bukanlah seorang pakar maematika. Hal inilah yang membahayakan guru dan peserta didik yang menjalani proses pembelajaran matematika di kelas.

Lagi-lagi siswa yang menjadi korban (doc. google.com)
Materi ajar dalam buku paket matemaika di kurikulum 2013 terbukti tidak cocok diajarkan dalam kelas. Oleh karenanya, guru dan insan yang peduli pada pendidikan perlu mengadakan alternatif materi ajar yang lebih pas dalam upaya memfahamkan matematika kepada peserta didik. Tiga hal yang menjadi prinsip yakni aman, menantang, dan baru. Metode nonklasikal yang perlu dibuat berupa pembuatan website yang berisikan materi ajar matematika yang memenuhi ketiga prinsip diatas. Juga dibarengi dengan penyajian animasi-animasi matematika yang menghibur dan melatih proses kreativitas berfikir siswa. Juga dibarengi pula dengan pembentukan komunitas guru terampil matematika yang anggotanya adalah guru-guru matematika yang sadar akan ketidakberesan materi ajar matematika ini.


*Dibuat sebagai tugas mata kuliah Teori Belajar Matematika

0 komentar: