Ketika perusahaan-perusahaan yang
unggul secara operasional membanggakan biaya total paling rendah, mereka boleh,
bagaimananpun, menekankan produk pada keandalan dan durabilitasnya yang menurunkan
biaya masa depan kostumer dari kepemilikan. Elemen lain dari biaya yang secara
operasional penekanan perusahaan yang unggul adalah nyaman – tidak adanya biaya
yang berwujud maupun tidak ada yang berasal dari gangguan dan kejengkelan.
Hari ini, aset-aset yang
terstandarisasi dan prosedur-prosedur yang beroperasi secara efisien adalah tulang punggung dari setiap perusahaan
yang secara operasional unggul. Karena mereka tidak dapat menjadi segala hal
pada semua kostumer, secara operasional perusahaan yang unggul bekerja pada
pembentukan ekspektasi kostumernya. Jika harga adalah poin kuatnya, harga
adalah apa yang mereka tekankan, dan mereka membuat kebaikan dari batasan yang
tampak.
Henry Ford mempertahankan kontrol
yang ketat dan tersentral sebagaimana bisnisnya tumbuh, karena dia ditetapkan
untuk menangkap manfaat dari prosedur-prosedur yang terstandar dan economy of
scale. Sistem kontrolnya didasarkan pada ukuran-ukuran yang rinci dari setiap
elemen dari operasinya. Ford bekerja keras pada detail-detail, dan sistem
manajemennya memperlihatkannya.
Jika Henry Ford menjalankan
perusahaan yang unggul secara operasional sekarang, dia harus meng-update prinsip-prinsipnya sedikit. Untuk
semua tambahan dari model operasinya, dia sekarang akan harus mengambil pegawai
yang terecerahkan sekarang, transaksi yang efisien, teknologi informasi, dan
kerja intensif pelayanan.
Manajemen Orang
Secara operasional, perusahaan
menjalankan dirinya seperti Korp Marinir : Tim adalah kelompok bukan inidividu.
Setiap orang tahu rencana pertempuran dan aturan, dan ketika ada suara buzzer,
setiap orang tahu secara detail dia harus berbuat apa. Oleh karena itu, pahlawan
dalam jenis ini dalam suatu organisasi adalah orang-orang yang cocok, yang
muncul melalui barisan ini.
Dalam kebanyakan perusahaan yang
unggul secara operasional, yang penting bukan siapa kamu melainkan apa yang
perusahaan mengerti terkait kamu.
Transaksi yang Efisien
Saat-saat ini, bagaimanapun,
perusahaan telah temukan cara untuk meraih keefisienan yang lebih besar – tidak
dengan secara vertikal terintegrasi, namun secara virtual terintegrasi. Hari
ini, perusahaan yang secara operasional unggul menggambarkan diri dan supplier
serta distributornya berlainan, entitas yang bersekutu, namun semua anggota
dari satu produk yang membekali tim. Mempersingkat koneksi antara anggota tim
mengeliminasi duplikasi, delay, dan
juga komplikasi pembayaran yang datang dari pelepasan panjang lengan.
Seperti halnya Wal-Mart,
perusahaan yang secara operasional unggul lainnya telah mendesain ulang proses
transaksi antara dirinya dan suppliernya. Wal-Mart, pioneer dalam menciptakan
hubungan pemotongan biaya, sekarang menggunakan sistem pertukaran data
elektronik untuk mengirimkan data penjualan harian pada supplier. Lagi,
Wal-Mart menawarkan sebuah contoh mengagumkan. Ia kembangkan sebuah sistem
mengait menyilang di mana dua bagian dari truk – satu datang dari perusahaan supplier
dan yang lain menetapkan tujuan untuk perusahaan – datang secara serentak pada
dok pemuatan perusahaan. Para pekerja menggerakkan produk dari bagian pertama
dari truk ke dalam bagian kedua, mencegah secara lama penyimpanan gudang (warehouse)
secara bersamaan. Produk kemudian beralih ke tujuan akhir dengan tidak ada
tempat istirahat yang berbiaya sepanjang jalan. Konsep ini diketahui sebagai
flow-through atau one-stop logistics.
Apa yang membuat keunggulan
operasional penting adalah kompetisi baru. Apa yang membuat ia mungkin adalah
sistem dan jaringan informasi komputer yang memainkan peran vital dalam
pembuatan proses yang unggul secara operasional. Perusahaan menggunakan
teknologi berbiaya rendah namun memiliki performa tinggi untuk meningkatkan
koordinasi dan kontrol sepanjang seluruh sistemnya dan untuk mempercepat dan
mempersingkat tugas-tugas individu. Sistem informasi telah menjadi tidak hanya
sistem saraf namun juga tulang punggung operasinya.
Teknologi Informasi
Sistem- dan database terkait
serta aplikasi – adalah yang sangat terotomasi di mana mereka tidak hanya
melacak proses, namun mereka mencakup dan menjalankannya. Namun, tanpa
kedisiplinan organisasi atau struktur yang tersentralisasi, teratur, dan
terstandar, sistem komputer state-of-the-art tidak akan memberikan kesuksesan
perusahaan yang sebanding.
Informasi terdiri atas sistem
komputer yang terintegrasi adalah bermanfaat tidak hanya dalam proses operasi
intinya. Perusahaan yang secara operasional unggul bergairah pada pengukuran
dan monitoring untuk memastikan kualitas yang ketat dan kontrol harga. Mereka
menghasilkan data yang detail dengan membuat keputusan manajemen.
Pelayanan Kostumer
Perusahaan yang unggul secara
operasional telah merevolusi bisnisnya dalam dimenasi lain yang Henry Ford
belum pernah bayangkan – pelayanan kostumer (costumer service). Pelayanan yang rendah dalam menambah secara
substansial pada biaya total kostumer melalui habiskan waktu dan eror
berkali-kali. Perusahaan yang secara operasional unggul mengembalikan waktu
hilangnya pada kostumer. Peran untuk perusahaan yang secara operasional unggul
adalah : Jika kamu benar-benar ingin untuk memiliki biaya total yang paling
rendah, pastikan pelayananmu mudah, sempurna, dan seketika.
Untuk melakukan ini, perusahaan
yang secara operasional unggul mendesain ulang siklus pelayanan kostumernya,
secara agresif mempersingkat penseleksian, permintaan, penerimaan, pembayaran,
dan mempertahankan dari sebuah produk.
Satu dari kunci utama untuk
memperoleh keunggulan operasional dalam pelayanan kostumer adalah sama dengan
manufacturing : Lakukan satu-satunya cara. Di sini lagi, banyak pilihan akan
membunuh keefisienan. Kunci lainnya adalah mendapatkan kostumer untuk
mengadaptasi cara perusahaan yang secara operasional ungguh dalam mengerjakan
bisnis.
Mengapa perusahaan yang secara
operasional unggul secara unik memenuhi syarat untuk memberikan pelayanan dasar
secara superior ? Karena mereka menikmati tiga hal. Pertama adalah fokus,
membuat pelayanan dasar bebas repot sebuah bagian kunci dari proposisi nilai
yang tidak sesuai. Kedua, model operasinya mendukung keefisienan, pelayanan
bebas cacat. Praktik dari perusahaan yang secara operasional unggul adalah
bagian dari peraturan pelayanan tanpa cacat. Ketiga, mereka secara efektif
mengeksploitasi teknologi informasi untuk mendesain ulang tugas-tugas pelayanan
dasar. Teknologi informasi telah membuat pelayanan dapat di mana saja dan
kapanpun. Ia adalah katalis dari revolusi pelayanan.
Mengekploitasi Keunggulan
Kepemimpinan Value
Sebagai perusahaan yang secara
operasional unggul menciptakan proposisi value yang tidak sesuai dari biaya
total terbaik, pertanyaan kemudian datang : Apa yang ada di dalamnya untuk
mereka ? Hanya ada satu jawaban – pertumbuhan. Para pemimpin market lainnya
dapat menaikkan harga untuk mengekploitasi keunggulan produknya, namun seperti
sebuah taktik yang membalikkan strategi keunggulan operasionalnya.
Perusahaan yang secara
operasional unggul mendapatkan pertumbuhannya dalam tiga cara yang
terkoordinasi. Mereka bekerja untuk memastikan suatu volume yang konstan dan
tetap sehingga dapat menjaga asetnya secara kontinyu bekerja, mereka menemukan
cara-cara baru untuk menggunakan aset yang ada saat ini; dan mereka mengganti
formula mereka di market lainnya.
Formula ! Formula ! Formula !
Apa yang kemudian membedakan
keunggulan operasional dari kompetensi operasional ? Pilihan sulit : jenis
produk yang sedikit ; memiliki keberanian untuk tidak menyilahkan setiap
kostumer ; penempaan perusahaan yang menyeluruh, tidak hanya manufacturing dan
distibusi, ke dalam suatu instrumen tunggal yang difokuskan. Perusahaan yang
unggul secara operasional akan menghindar dari panggilan yang sulit – dan membayar
harga.
Tenunan cerdik dari know-how yang tidak terhubungm aplikasi
teknologi, dan manajemen yang ketat – yaitu apa yang membuat seorang pemimpin
dalam keunggulan operasionalnya. Rahasia dari suksesnya disiplin value ini dirangkum
dalam satu kata : formula. Formula seringkali berkonotasi negatif, namun bagi
perusahaan yang secara operasional unggul, ia adalah fondasi untuk perusahaan
yang agresif dan sangat sukses.
Sitasi : Treacy, Michael & Fred Wiersema. (1995). The
Discipline of Market Leaders, Choose your costumers, narrow your focus,
dominate your market, Addison-Wesley Publishing Company
0 komentar:
Post a Comment