Sunday, May 13, 2018

Disiplin Keunggulan Operasional (Chapter 4)


Ketika perusahaan-perusahaan yang unggul secara operasional membanggakan biaya total paling rendah, mereka boleh, bagaimananpun, menekankan produk pada keandalan dan durabilitasnya yang menurunkan biaya masa depan kostumer dari kepemilikan. Elemen lain dari biaya yang secara operasional penekanan perusahaan yang unggul adalah nyaman – tidak adanya biaya yang berwujud maupun tidak ada yang berasal dari gangguan dan kejengkelan.

Hari ini, aset-aset yang terstandarisasi dan prosedur-prosedur yang beroperasi secara efisien  adalah tulang punggung dari setiap perusahaan yang secara operasional unggul. Karena mereka tidak dapat menjadi segala hal pada semua kostumer, secara operasional perusahaan yang unggul bekerja pada pembentukan ekspektasi kostumernya. Jika harga adalah poin kuatnya, harga adalah apa yang mereka tekankan, dan mereka membuat kebaikan dari batasan yang tampak.

Henry Ford mempertahankan kontrol yang ketat dan tersentral sebagaimana bisnisnya tumbuh, karena dia ditetapkan untuk menangkap manfaat dari prosedur-prosedur yang terstandar dan economy of scale. Sistem kontrolnya didasarkan pada ukuran-ukuran yang rinci dari setiap elemen dari operasinya. Ford bekerja keras pada detail-detail, dan sistem manajemennya memperlihatkannya.
Jika Henry Ford menjalankan perusahaan yang unggul secara operasional sekarang, dia harus meng-update prinsip-prinsipnya sedikit. Untuk semua tambahan dari model operasinya, dia sekarang akan harus mengambil pegawai yang terecerahkan sekarang, transaksi yang efisien, teknologi informasi, dan kerja intensif pelayanan. 

Manajemen Orang

Secara operasional, perusahaan menjalankan dirinya seperti Korp Marinir : Tim adalah kelompok bukan inidividu. Setiap orang tahu rencana pertempuran dan aturan, dan ketika ada suara buzzer, setiap orang tahu secara detail dia harus berbuat apa. Oleh karena itu, pahlawan dalam jenis ini dalam suatu organisasi adalah orang-orang yang cocok, yang muncul melalui barisan ini.

Dalam kebanyakan perusahaan yang unggul secara operasional, yang penting bukan siapa kamu melainkan apa yang perusahaan mengerti terkait kamu.

Transaksi yang Efisien

Saat-saat ini, bagaimanapun, perusahaan telah temukan cara untuk meraih keefisienan yang lebih besar – tidak dengan secara vertikal terintegrasi, namun secara virtual terintegrasi. Hari ini, perusahaan yang secara operasional unggul menggambarkan diri dan supplier serta distributornya berlainan, entitas yang bersekutu, namun semua anggota dari satu produk yang membekali tim. Mempersingkat koneksi antara anggota tim mengeliminasi duplikasi, delay, dan juga komplikasi pembayaran yang datang dari pelepasan panjang lengan.

Seperti halnya Wal-Mart, perusahaan yang secara operasional unggul lainnya telah mendesain ulang proses transaksi antara dirinya dan suppliernya. Wal-Mart, pioneer dalam menciptakan hubungan pemotongan biaya, sekarang menggunakan sistem pertukaran data elektronik untuk mengirimkan data penjualan harian pada supplier. Lagi, Wal-Mart menawarkan sebuah contoh mengagumkan. Ia kembangkan sebuah sistem mengait menyilang di mana dua bagian dari truk – satu datang dari perusahaan supplier dan yang lain menetapkan tujuan untuk perusahaan – datang secara serentak pada dok pemuatan perusahaan. Para pekerja menggerakkan produk dari bagian pertama dari truk ke dalam bagian kedua, mencegah secara lama penyimpanan gudang (warehouse) secara bersamaan. Produk kemudian beralih ke tujuan akhir dengan tidak ada tempat istirahat yang berbiaya sepanjang jalan. Konsep ini diketahui sebagai flow-through atau one-stop logistics.

Apa yang membuat keunggulan operasional penting adalah kompetisi baru. Apa yang membuat ia mungkin adalah sistem dan jaringan informasi komputer yang memainkan peran vital dalam pembuatan proses yang unggul secara operasional. Perusahaan menggunakan teknologi berbiaya rendah namun memiliki performa tinggi untuk meningkatkan koordinasi dan kontrol sepanjang seluruh sistemnya dan untuk mempercepat dan mempersingkat tugas-tugas individu. Sistem informasi telah menjadi tidak hanya sistem saraf namun juga tulang punggung operasinya.

Teknologi Informasi

Sistem- dan database terkait serta aplikasi – adalah yang sangat terotomasi di mana mereka tidak hanya melacak proses, namun mereka mencakup dan menjalankannya. Namun, tanpa kedisiplinan organisasi atau struktur yang tersentralisasi, teratur, dan terstandar, sistem komputer state-of-the-art tidak akan memberikan kesuksesan perusahaan yang sebanding.

Informasi terdiri atas sistem komputer yang terintegrasi adalah bermanfaat tidak hanya dalam proses operasi intinya. Perusahaan yang secara operasional unggul bergairah pada pengukuran dan monitoring untuk memastikan kualitas yang ketat dan kontrol harga. Mereka menghasilkan data yang detail dengan membuat keputusan manajemen.

Pelayanan Kostumer

Perusahaan yang unggul secara operasional telah merevolusi bisnisnya dalam dimenasi lain yang Henry Ford belum pernah bayangkan – pelayanan kostumer (costumer service). Pelayanan yang rendah dalam menambah secara substansial pada biaya total kostumer melalui habiskan waktu dan eror berkali-kali. Perusahaan yang secara operasional unggul mengembalikan waktu hilangnya pada kostumer. Peran untuk perusahaan yang secara operasional unggul adalah : Jika kamu benar-benar ingin untuk memiliki biaya total yang paling rendah, pastikan pelayananmu mudah, sempurna, dan seketika.

Untuk melakukan ini, perusahaan yang secara operasional unggul mendesain ulang siklus pelayanan kostumernya, secara agresif mempersingkat penseleksian, permintaan, penerimaan, pembayaran, dan mempertahankan dari sebuah produk.

Satu dari kunci utama untuk memperoleh keunggulan operasional dalam pelayanan kostumer adalah sama dengan manufacturing : Lakukan satu-satunya cara. Di sini lagi, banyak pilihan akan membunuh keefisienan. Kunci lainnya adalah mendapatkan kostumer untuk mengadaptasi cara perusahaan yang secara operasional ungguh dalam mengerjakan bisnis.

Mengapa perusahaan yang secara operasional unggul secara unik memenuhi syarat untuk memberikan pelayanan dasar secara superior ? Karena mereka menikmati tiga hal. Pertama adalah fokus, membuat pelayanan dasar bebas repot sebuah bagian kunci dari proposisi nilai yang tidak sesuai. Kedua, model operasinya mendukung keefisienan, pelayanan bebas cacat. Praktik dari perusahaan yang secara operasional unggul adalah bagian dari peraturan pelayanan tanpa cacat. Ketiga, mereka secara efektif mengeksploitasi teknologi informasi untuk mendesain ulang tugas-tugas pelayanan dasar. Teknologi informasi telah membuat pelayanan dapat di mana saja dan kapanpun. Ia adalah katalis dari revolusi pelayanan.

Mengekploitasi Keunggulan Kepemimpinan Value

Sebagai perusahaan yang secara operasional unggul menciptakan proposisi value yang tidak sesuai dari biaya total terbaik, pertanyaan kemudian datang : Apa yang ada di dalamnya untuk mereka ? Hanya ada satu jawaban – pertumbuhan. Para pemimpin market lainnya dapat menaikkan harga untuk mengekploitasi keunggulan produknya, namun seperti sebuah taktik yang membalikkan strategi keunggulan operasionalnya.

Perusahaan yang secara operasional unggul mendapatkan pertumbuhannya dalam tiga cara yang terkoordinasi. Mereka bekerja untuk memastikan suatu volume yang konstan dan tetap sehingga dapat menjaga asetnya secara kontinyu bekerja, mereka menemukan cara-cara baru untuk menggunakan aset yang ada saat ini; dan mereka mengganti formula mereka di market lainnya. 

Formula ! Formula ! Formula !

Apa yang kemudian membedakan keunggulan operasional dari kompetensi operasional ? Pilihan sulit : jenis produk yang sedikit ; memiliki keberanian untuk tidak menyilahkan setiap kostumer ; penempaan perusahaan yang menyeluruh, tidak hanya manufacturing dan distibusi, ke dalam suatu instrumen tunggal yang difokuskan. Perusahaan yang unggul secara operasional akan menghindar dari panggilan yang sulit – dan membayar harga.

Tenunan cerdik dari know-how yang tidak terhubungm aplikasi teknologi, dan manajemen yang ketat – yaitu apa yang membuat seorang pemimpin dalam keunggulan operasionalnya. Rahasia dari suksesnya disiplin value ini dirangkum dalam satu kata : formula. Formula seringkali berkonotasi negatif, namun bagi perusahaan yang secara operasional unggul, ia adalah fondasi untuk perusahaan yang agresif dan sangat sukses.


Sitasi : Treacy, Michael & Fred Wiersema. (1995). The Discipline of Market Leaders, Choose your costumers, narrow your focus, dominate your market, Addison-Wesley Publishing Company  

0 komentar: