Wednesday, May 16, 2018

Pengalaman Perusahaan – AT&T Universal Card Services (Chapter 5)


Perusahaan yang unggul secara operasional AT&T Universal Card Services bergantung pada kesuksesan mereka dalam proses yang diasah untuk menberikann tingkatan yang tinggi pada harga yang rendah. Proses ini mencakup ; mengeluarkan kartu, mengubah alamat, atau mengkoreksi kesalahan penagihan (billing). SOP, yang dipraktikkan lagi dan lagi dan kemudian diuji secara ketat untuk mengisolasi gangguan, menjaga harga dari setiap prosedur ini turun. Catat bahwa perusahaan seperti AT&T Universal Card Services tidak meminta orang-orang mereka untuk membuat peraturan baru sebagaimana mereka ikut serta menyampaikan pelayanan terbaik. Perusahaan-perusahaan yang mendapatkan kesuksesan dari keunggulan operasional hidup atau mati dengan perbaikan proses, diatur secara umum oleh prinsip-prinsip dari manajemen kualitas yang total.

Kesuksesan AT&T Universal Card Service dipengaruhi oleh teknologi informasi. Secara real-time, pelayanan tanpa gangguan dalam dunia hari ini datang hanya melalui kecepatan dan integrasi dari komputer dan database. Tidak hanya AT&T Universal Card Service yang sangat otomatis. Sistem komputer secara esensial mendefinisikan pekerjaan orang – mereka memprosedurkannya. Efeknya, sistem mengatur proses.

Aset yang besar lainnya dari AT&T Card Services adalah suatu kekuatan kerja yang termotivasi. Ia membuat sikap yang membuat semangat orang-orang yang mengerjakan pekerjaan rutin. Pendekatannya dengan mampu meng-hire orang-orang yang bersemangat dengan potensi yang banyak, melatih mereka untuk memperlihatkan pelayanan unggul sebagai rutinitas, dan menghimpun mereka dalam tim untuk menyelesaikan persoalan yang mengarahkan ke perbaikan yang terus-menerus.

Perusahaan yang mendaki puncak keunggulan operasional ke sana dengan fokus pada detail-detail. Mereka harus memastikan bahwa tidak hanya strategi mereka, namun eksekusinya – masalah tugas-tugas kecil yang tidak selesai – berbatasan dengan kesempurnaan. Cara satu-satunya untuk bergelut pada hal kecil yaitu tugas yang penting pada tempat yang sesuainya adalah untuk melacaknya, mengukurnya, dan menghargai orang-orang di sekelilingnya. Universal Card Services mengkompilasi ratusan statistik untuk tetap menjaga biaya.

Dengan mendengarkan kostumer, kita sebenarnya mendapatkan suatu poin di mana kita tahu hal yang kostumer inginkan dalam sebuah kartu kredit. Kita punya pertimbangan sehingga kita tahu dengan berat apa yang penting : harga, pelayanan, kemudahan pada titik penjualan, kepercayaan perusahaan, dan lainnya.

Sekarang, AT&T menarik sekitar 300 ribu akun baru tiap bulan, dan mendapatkan kepercayaan dari pemegang kartu tidak hanya dari sisi penjualan asli. Ia datang dari sebuah operasi yang secara baik sesuai – dari teknologi yang mempercepat performa dan memegang repetisi telepon dengan alat-alat terdepan ; dari praktik-praktik yang terus terbaiki yang dapat menurunkan biaya dan membuang proses-proses perusahaan ; dari bagian jauh dari ukuran-ukuran yang menyilahkan para manajer memonitor performa dan membandingkannya dengan para kompetitor ; dari sebuah bagian komprehensif dari program yang memastikan para rekanan dan manajer tahu apa yang para kostumer inginkan ; dari seorang tenaga kerja yang yang di-hire, dilatih, dan dihargai untuk permulaan diri, performa yang heroik.

Sitasi : Treacy, Michael & Fred Wiersema. (1995). The Discipline of Market Leaders, Choose your costumers, narrow your focus, dominate your market, Addison-Wesley Publishing Company

0 komentar: