Sesuatu yang lebih adalah value
kostumer. Tidak value biasa, namun value luar biasa (superior). Dan tidak hanya
value superios, namun value superior yang terus diperbaiki. Dengan memberikan
value superior, perusahaan mengubah ekspektasi kostumernya. Efeknya, perusahan menjadi
pemimpin market tidak dengan memenuhi ide-ide lama dari value, namun dengan
mendapatkan bisnisnya untuk menguasai satu pita dalam spektrum value. Mereka
tidak mencoba untuk menjadi yang terbaik di segalanya. Namun, mereka percaya
kebenaran yang mencirikan dunia kompetisi baru.
- Kostumer yang berbeda membeli jenis yang berbeda dari value. Kamu tidak dapat berharap untuk menjadi yang terbaik dalam semua dimensi, maka pilih kostumermu dan sempitkan fakus value-mu
- Karena standar value naik, maka lakukan ekspektasi kostumer ; kamu dapat tetap di depan hanya dengan bergerak ke depan
- Memproduksi suatu tingkatan yang tidak cocok dari suatu value tertentu membutuhkan suatu model superior – sebuah “mesin” – didedikasikan untuk jenis value tertentu.
Value kostumer adalah jumlah dari
benefit yang didapatkan minus biaya yang dikeluarkan oleh kostumer dalam
mendapatkan sebuah produk atau jasa. Benefit membangun value untuk tingkatan
produk atau jasa guna memperbaiki peforma atau pengalaman kostumer. Biaya mencakup
uang yang dikeluarkan untuk pembelian dan pemeliharaan, dan waktu yang
dikeluarkan untuk delay, eror, dan
usaha. Baik biaya yang nyata maupun tidak akan menurunkan value.
Harga, kualitas produk, fitur
produk, kenyamanan pelayanan, keandalan jasa, nasihat ahli, dan pelayanan
dukungan dapat menciptakan atau merusak value untuk kostumer. Value yang
ditambah atau dirusak bergantung pada seberapa banyak value melampaui atau gagal
dari ekspektasi kostumer. Value dapat berwujud tiga hal yang berbeda : produk
terbaik, solusi total terbaik, dan biaya total terbaik. Pemimpin market memilih
untuk unggul dalam menghasilkan hasil yang besar dari suatuvalue tertentu.
Perusahan besar membuat
sekumpulan ekspektasi pemikiran kostumer. Mereka mematuhi peraturan-peraturan
berikut :
Peraturan 1 : Sediakan penawaran
terbaik dalam market dengan unggul dalam satu dimensi dari value.
Peraturan 2 : Pertahankan standar
ambang pada dimensi value lainnya.
Peraturan 3 : Menangi marketmu
dengan memperbaiki value tahun demi tahun.
Peraturan 4 : Bangunlah suatu
model operasi yang terstel dengan baik yang didedikasikan untuk menyelamatkan value
yang tidak pas
Dalam market yang kompetitif,
memperbaiki value kostumer merupakan hal yang harus dipatuhi pemimpin market.
Model operasi adalah kunci untuk menaikkan dan mengatur ulang ekspektasi
kostumer. Memperbaikinya dapat dengan membuat penawaran kompetitor menjadi
kurang menarik, atau bahkan menurunkan posisinya dengan memberikan keusangan value
mereka. Model yang beroperasi merupakan senjata tercanggih para pemimpin market
untuk medominasi market.
Perusahaan yang dibuat sampel
dalam bab ini menggambarkan value kostumer sebagai sumber yang sangat diperlukan
baik bagi value pemegang saham maupun kepuasan employee. Tanpa value kostumer, tidak
ada bisnis yang bertahan. Value datang dari pemilihan kostumer dan penyempitan
kefokusan operasi untuk memberikan pelayanan terbaik pada kostumer tersebut.
Sitasi : Treacy, Michael
& Fred Wiersema. (1995). The Discipline of Market Leaders, Choose
your costumers, narrow your focus, dominate your market, Addison-Wesley
Publishing Company
0 komentar:
Post a Comment